Sunday, November 6, 2011

Buku adalah Jendela Dunia



"Buku adalah jendela dunia."

Pernah dengar pepatah di atas?
Semua orang pasti tahu bahwa dari membaca buku kita bisa menemukan banyak informasi
gak cuma informasi tentang ilmu pelajaran, tapi dengan buku juga kita jadi tahu seperti apa isi dunia kita ini.

”Membaca adalah salah satu syarat menjadi orang pintar, karena dengan membaca kita dapat mengetahui berbagai macam informasi. Sebaliknya, dengan tidak membaca kita akan jadi bodoh. Kebodohan sangat dekat dengan kemiskinan.” - Tantowi Yahya, Duta Baca Indonesia.

“Kita adalah apa yang kita kerjakan berulang-ulang. Karena itu, keungggulan bukanlah suatu perbuatan melainkan sebuah kebiasaan.” - Aristoteles.

Entah kenapa belakangan ini minat bacaku lagi tinggi2nya, jadi inget kata-kata dosen di kampus kalau dengan banyak membaca buku, kita bisa mengetahui semua informasi di dunia ini, baik dari sejarah, ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, berita, dll.
OK, itu seolah kalimat yang cocok untuk menamparku karena selama ini yaaaa~~ aku kurang minat baca
Alasan klise, gak mau baca yang terlalu banyak halamannya atau yg topiknya gak menarik
tapi Alhamdulillah, dapat pencerahan dikasih semangat buat baca buku lagi.

Selain itu, aku punya keinginan bisa keliling dunia suatu hari nanti. Menurutku dengan membaca buku kita bisa mempelajari isi dunia melalui tulisan, dengan kata lain dari banyak membaca buku, kita bisa keliling dunia lho! Udah banyak penulis-penulis buku yang menceritakan perjalanan dan penelitian mereka di negara-negara lain. Dari buku itu juga kita bisa mengetahui wujud bagian dari dunia itu. Mungkin ini langkah pertamaku mengetahui isi dunia dari buku, dan langkah selanjutnya adalah bisa merasakannya secara nyata. Pastinya harus bersabar, berdoa, dan terus berusaha :)

Mari Kita Budayakan Membaca dari Sekarang!!

No comments: